Bank Sultra Launching Produk IT, SIM-RS Untuk RSUD Abunawas Kota Kendari
Jumat, 22-Feb-2019

Era digitalisasi saat ini, tidak bisa kita pungkiri lagi kehadirannya dalam mendukung hampir setiap sendi aktifitas manusia, hal ini sangat disadari sepenuhnya oleh Bank Daerah Sulawesi Tenggara (Bank Sultra), dengan kembali menghadirkan salah satu produk anyarnya, pada acara launching SIM-RS (sistem informasi manajemen rumah sakit), bertempat di ruangan PMCC RSUD Kota Kendari, Senin,7/1/2019.

Sebagai penyedia keuangan daerah terbesar di Sultra, Bank Sultra terus melakukan inovasi dalam rangka menghadirkan mutu layanan terbaik bagi mitranya, dengan senantiasa menghadirkan produk layanan terbaru berbasis IT, termasuk sistem tata kelola rumah sakit, yang akan digunakan oleh RSUD Abunawas Kota Kendari. 

Hal ini dikemukakan oleh Direktur Utama Bank Sultra, “Aplikasi ini merupakan program yang kita bangun sendiri, dengan melibatkan generasi muda asli Sultra, dan telah teruji serta handal di bidang teknologi informasi (IT), tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri dari komposisi Tim IT Bank Sultra dalam pengembangan inovasi dari produk yang akan kami lahirkan bagi para mitra ke depannya.”

Basic dari aplikasi ini merupakan standarisasi dari kementerian kesehatan (Kemenkes) RI, selanjutnya dirancang dan dikembangkan sendiri, dimana aplikasi ini sudah terkoneksi dengan komponen rumah sakit seperti BPJS kesehatan. Selain itu, layanan ini sudah terintegrasi mulai dari pendaftaran hingga ketika pasien pulang, dan cara kerjanya hanya dengan mempetakan apakah pasien yang sudah mendaftar akan rawat inap atau hanya rawat jalan.

“Hal lain yang bisa didapatkan dari aplikasi ini, yakni semua bagian dari rumah sakit baik itu logistik, laboratorium, dan apotik sudah terkoneksi langsung, sehingga pasien lebih dimudahkan lagi. Tadi telah kita saksikan bersama dari simulasi oleh Plt. Walikota Kendari, mulai data diri, jenis pelayanaan yang akan di ambil, apakah rawat inap atau tidak, jadi semua data pasien sudah terinput pada saat melakukan pendaftaran, dan secara langsung bisa kita mengetahui rekaman medis pasien yang  sudah tersimpan  pada databasenya,” ujar Khaerul Kemala Raden.

Di jelaskan pula, “Terkait produk IT SIM-RS yang di gunakan oleh RSUD Abunawas Kendari, di support melalui penggunaan jaringan Lokal Areal Network (LAN). Tentunya ini masih tahap awal, kami pun menyadari masih banyak kekurangan, tetapi kami berkomitmen akan terus melakukan pengembangan berkelanjutan dengan kemampuan SDM Lokal Sultra yang profesional, di mana produk SIM-RS kami telah digunakan juga oleh RSUD Kab. Konawe, tentunya ini merupakan bagian dari support kami terhadap pemerintah daerah di Sultra dalam hal pelayanan kesehatan,“ diakhiri penjelasannya.