OJK Dan Bank Sultra Buatkan Rekening Simpel 252 Siswa MTSN 1 Konsel
Rabu, 02-Aug-2023

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerjasama untuk membuatkan rekening Simpanan Pelajar (Simpel) sebanyak 252 rekening bagi siswa MTS Negeri (MTSN) 1 Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sultra. Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya di Konsel Rabu, mengatakan bahwa kegiatan tersebut digelar sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan inklusi sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo. "Seperti yang dikatakan presiden, tahun 2024 itu inklusi 90 persen, dan literasi 50 persen," kata Arjaya.

Dalam hal tersebut, lanjutnya, serta untuk meningkatkan inklusi, pihaknya memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk mendapatkan akses keuangan ke perbankan. "Hari ini kita punya kegiatan juga di bulan Agustus, yakni hari Indonesia menabung,"  ungkapnya. Arjaya menjelaskan bahwa untuk menyukseskan gerakan hari Indonesia menabung itu, pihaknya mengharapkan agar satu orang siswa dapat memiliki satu rekening. "MTSN ini kita bekerja sama dengan Bank Sultra memberikan satu pelajar itu satu rekening dengan saldo itu juga dari kita (OJK Sultra)," ujarnya.

Meskipun saldo awal yang diberikan oleh OJK Sultra kepada para pelajar di MTSN 1 Konsel, Arjaya berharap agar hal tersebut dapat memotivasi para pelajar tersebut untuk terus menambah tabungannya di rekening yang telah dibukakan itu. "Adik-adik pelajar ini juga agar terus menambah tabungannya di rekening yang baru kita bukakan di Bank Sultra. Ini dalam rangka meningkatkan akses keuangan bagi adik-adik pelajar untuk menabung sesuai dengan arahan Presiden RI," jelasnya.

Kepala MTsN 1 Konsel Sumarlin, S.Pd, M.Pd menyambut positif kegiatan OJK bersama Bank Sultra. Sebab, kata dia, untuk di Kabupaten Konawe Selatan, MTsN 1 Konsel tersebut menjadi lokasi kegiatan OJK mengajar dan sebanyak 252 siswa di sekolah tersebut bisa mendapat rekening Simpel dari Bank Sultra. "Khusus kelas VIII dan kelas IX yang mendapat rekening Simpel Bank Sultra," kata Sumarlin, S.Pd, M.Pd.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Bank Sultra Hayati Hasan menambahkan bahwa pihaknya terus memberikan ruang bagi para pelajar di Bumi Anoa untuk membuka rekening Simpel di Bank Sultra. "Saat ini Pelajar di Sultra yang telah memiliki rekening SIMPEL di Bank Sultra baru mencapai 60.229 pelajar. Harapannya dimasa mendatang seluruh pelajar di Sultra dapat memiliki rekening SIMPEL Bank Sultra," ucap Hayati.

Selain itu, kata Hayati Hasan, pihaknya juga terus memberikan edukasi kepada para pelajar tentang pentingnya menabung untuk masa depan. "Kita memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para pelajar terkait dengan bagaimana pentingnya budaya menabung dimulai sejak bangku sekolah," sebutnya. Ia juga membeberkan bahwa Bank Sultra juga memberikan kemudahan bagi para pelajar yang ingin membuka rekening  SIMPEL Bank Sultra. "Syarat memiliki tabungan SIMPEL Bank Sultra cukup membawa Kartu pelajar atau halaman depan buku Raport yang memuat identitas siswa , KTP orang tua atau Wali serta saldo awal Rp.5.000,-. Dan rekening SIMPEL Bank Sultra ini tidak dikenakan biaya administrasi.