Partisipasi Bank Sultra Dalam Kampanye Inklusi Keuangan
Selasa, 30-Oct-2018

Menghadapi Bulan Inklusi Keuangan yang jatuh pada tiap Bulan Oktober, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tenggara kembali menggelar kegiatan Inklusi Keuangan pada 27-28 Oktober 2018 yang bertajuk Sabuk Pro Sultra dengan tema “Sinergi Mendorong Percepatan Akses Keuangan” bertempat di Taman Kota Kendari. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan tiap tahunnya oleh OJK bersama seluruh Industri Kesatuan dalam mendorong peningkatan Inklusi dan Literasi Keuangan tiap tahunnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Bank Indonesia (BI) yang ada di Sulawesi Tenggara dibuka dan diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Asisten III Provinsi Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti Vocal Group, Zumba, Rangking 1, Lulo Kreasi, Nusantara Look, yang melibatkan tidak hanya pelaku Industri Jasa Keuangan baik Bank dan Non-Bank, namun juga masyarakat Kota Kendari. Bank Sultra dalam kegiatan Bulan Inklusi turut mendorong berbagai kegiatan yaitu Pembukaan rekening KUMKM; Penandatanganan Akad Kredit Peternakan; Pembuatan 16.000 Kartu Jaminan Sosial Tenagakerjaan ; dan Penabung Simpel sampai September 2019 mencapai kisaran 26.000 pelajar.

Melalui kegiatan ini diharapkan Inklusi Keuangan yang secara Nasional berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2016 baru mencapai 67.82% dapat distimulasi sehingga masyarakat dapat lebih mengenal produk keuangan. Diketahui untuk wilayah Sulawesi Tenggara Inklusi Keuangan baru mencapai 66.91% dan literasi keuangannya sebesar 26.55%. Selain itu juga diharapkan, memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah serta mendorong perekonomian daerah khususnya di Sulawesi tenggara. Oleh karena itu pengenalan dan edukasi serta keterlibatan seluruh lapisan masyarakat sangat berpengaruh terhadap pencapaian inklusif ditahun kedepannya.