Resmi Diluncurkan Satu ATM Berlogo GPN
Senin, 30-Jul-2018

Melalui pemanfaatan transaksi non tunai di Indonesia termasuk di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara  yang semakin tinggi, Mendorong Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara resmi meluncurkan anjungan tunai mandiri  (ATM) berlogo Gerbang Pembayaran Nasional  (GPN) bertempat dipelataran Eks MTQ Kendari pada hari minggu 29 Juli 2018.  Pada GPN ini ditopang oleh tiga pilar utama yakni system stabilitas moneter; system pembayaran dan system keuangan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam transaksi antar perbankan.

Dengan adanya GPN menurut Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara “Minot Purwahono” dapat menciptakan kehandalan system pembayaran. Meningkatkan interkoneksi antar channel system pembayaran non tunai melaui GPN. Dengan adanya GPN nasabah bisa menggunakan mesin ATM berbeda tanpa takut dengan potongan biaya yang lebih tinggi, mau digunakan di ATM atau untuk belanja itu lebih murah sebab biayanya lebih rendah dibandingkan dengan potongan biaya transaksi seperti selama ini.

Guna lebih menyebarluaskan GPN dimaksud, BI telah menjadwalkan penukaran kartu GPN Sultra pada beberapa tempat strategis yang ada dikota Kendari yaitu : pada tanggal 30-31 Juli 2018 di Pelataran Rabam Swalayan; tanggal 01 Agustus 2018 di Pelataran Pasar Sentral Kota; tanggal 02 Agustus 2018 di KPWBI Sultra; tanggal 03 Agustus 2018 di Pelataran BPD Sao-Sao. Sementara itu Pj. Sekprov Sultra HJ. Isma menyambut baik terobosan yang dilakukan BI. Sekaligus menghimbau masyarakat memberikan dukungan penuh pada BI dengan cara menukarkan ATM mereka.