Sosialisasi LHKPN ONLINE PT. BPD Sultra
Rabu, 01-Aug-2018

Bertempat di Aula Bank Sultra pada hari Selasa tangggal 31 Juli 2018 dilakukan Sosialisasi LHKPN Online dalam lingkup PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini menjadi penting karena pemateri langsung dibawakan oleh Deputi Pencegahan KPK RI. Kegiatan ini dihadiri oleh Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Kepala Divisi/Cabang Utama, Kepala Bagian, Kepala Capem dan Kepala Kantor Kas yang berada di Kota Kendari.

Laporan Harta Kekayaan Negara secara Elektronik (e-LHKPN) adalah penyampaian laporan harta kekayaan secara elektronik yang dilakukan oleh Penyelenggara Negara kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menggunakan e-LHKPN ditujukan agar pelaporan harta kekayaan dapat menjadi lebih mudah, murah dan bermanfaat.
Laporan Harta Kekayaan Negara selama ini sudah berjalan, menggunakan aturan Keputusan KPK Nomor 7 Tahun 2005 tentang Tata Cara Pendaftaran, Pengumuman dan Pemeriksaan LHKPN sekarang diganti dengan Peraturan KPK Nomor 7 Tahun 2016. Tujuan dan Manfaat LHKPN  adalah mewujudkan penyelenggara Negara yang bersih, sebagai instrumen transparansi dan manajemen SDM pada awal menjabat, sebagai instrumen pengawasan selama menjabat dan sebagai instrumen akuntabilitas saat akhir menjabat.

Beberapa instrument yang mengalami perubahan pada Peraturan KPK No. 7 tahun 2016 yaitu :

  1. Waktu Penyampaian 
  2. Batas waktu penyampaian LHKPN
  3. Dokumen Pendukung LHKPN
  4. Media Pengumuman LHKPN

Hasil dari Sosialisasi dimaksud diharapkan kepada PN dalam lingkup PT. BPD Sultra sudah dapat mengisi sekaligus melaporkan Harta Kekayaan paling lambat Akhir Agustus  2018 mengingat pada bulan Oktober 2018 memasuki masa Verifikasi berkas oleh pihak KPK.