Sosialisasi Pembayaran Pajak Sistem MPN G-2 Berbasis E-Billing
Jumat, 12-Feb-2016

Mengimbangi kebutuhan masyarakat dan kemajuan teknologi informasi serta mengurangi kelemahan pada sistem penerimaan negara dalam rangka meningkatkan tata kelola keuangan negara, saat ini pemerintah melalui Kementereian Keuangan telah menerapkan Sistem Penerimaan Negara Generasi Ke dua atau MPN G-2 berbasis Teknologi Informasi.

MPN G-2 adalah sistem elektronik billing terintegrasi untuk mengelola penerimaan negara, sehingga memudahkan para wajib pajak, wajib bayar dan wajib setor untuk melakukan pembayaran.

Dengan program tersebut, maka pembayaran penerimaan negara berupa pajak maupun penerimaan negara bukan pajak, dapat dilakukan kapan saja melalui layanan perbankan khususnya di Bank Sultra selaku Bank Persepsi.

Untuk itu, guna memberikan pemahaman program tersebut, maka Kementerian Keuangan Republik Indonesia Dirjen Perbendaharaan bersama Bank Sultra menggelar "Sosialisasi Pembayaran Pajak Sistem MPN G-2 berbasis e-billing" kepada segenap Pimpinan SKPD Lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Badan/Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota se- Sulawesi Tenggara dan Asosiasi pada hari Jum'at 12 Februari 2016 bertempat di Hotel Plaza Inn Kendari.

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Prov. Sultra DR. H. Lukman Abunawas, SH, M.Si. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sultra yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan, Eka Yuniwasita, Kepala KPPN Kendari, Kepala KPPN BauBau, Kepala KPPN Kolaka, serta nara sumber Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Penerimaan Jakarta Pusat, Herman Hidayat.

Sistem MPN G-2 disusun untuk memperbaiki sistem MPN sebelumnya (MPN G-1). Sebagai sebuahsistem, Modul Penerimaan Negara berhasil mengintegrasikan sistem penerimaan negara yang selama ini terpisah. Arah peneyempurnaan MPN G-2 meliputi perubahan dari sistem manual ke billing system, dari layanan over the counter (teller) kelayanan online, dari single currency menjadi dapat melayani valuta asing. MPN G-2 diharapkan mendukung pelaksanaan cash management yang baik dengan menyajikan informasi penerimaan negara secara real time yang didukung keandalan teknologi informasi dalam penerapan Treasury Single Account.  (Sekretaris Perusahaan)

 

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, DR. H. Lukman Abunawas, SH, M.Si saat membuka Sosialisasi Pembayaran Pajak Sistem MPN G-2 Berbasis E-Billing

Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara bersama Direktur Utama Bank Sultra saat mengajukan pertanyaan seputar MPN G-2