Sosialisasi Transaksi Non Tunai Bank Sultra Dan Pemkab Bombana
Selasa, 26-Mar-2019

Ket: Sosialisasi perihal Transaksi Non Tunai Pemkab Bombana

Sosialisasi yang dilaksanakan di Kabupaten Bombana tepatnya di Auditorium Bupati Bombana perihal Transaksi Non Tunai Pemkab Bombana. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bapak Bupati Bombana dan dihadiri oleh Direktur Pemasaran Bank Sultra beserta jajarannya, para Kepala OPD dan para bendaharawan lingkup Kabupaten Bombana. Sosialisasi tersebut dilaksanakan dalam rangka penerapan transaksi Non Tunai yang rencana diberlakukan 1 April 2019. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 910/1867/SJ tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keterbukaan informasi, menuntut akuntabilitas., transparansi dan ketepatgunaan dalam penggunaan atau pengelolaan anggaran yang bertujuan untuk menekan tingkat penyelewengan penggunaan anggaran hingga dapat di optimalkan dan dirasakan oleh Masyarakat Bombana pada umumnya.

Sosialisasi ini merupakan salah satu Efek dan Tujuan dari akuntanbilitas dan transparansi pengelolaan keuangan. Selain itu juga, dapat memberikan beberapa manfaat yaitu : aliran dana seluruh transaksi dapat ditelusuri sehingga lebih akuntabel, mewujudkan tertib administrasi pengelolaan kas, belanja lebih efektif dan efisien, dan membangun kedisiplinan dan kejujuran dunia usaha dalam rangka mencegah praktek korupsi dan kolusi disektor belanja Pemerintah.

Sehingga diharapkan dengan adanya hal tersebut, maka dihimbau kepada seluruh bendaharawan OPD agar mempersiapkan diri sedini mungkin dalam rangka penerapan Transaksi Non Tunai, sehingga dalam rangka Proses Penerapannya dapat mewujudkan tertib administrasi yang efektif, efisien dalam pengelolaan kas.